Perbedaan GPRS, EDGE, 3G, HSDPA dan 4G

| | 8 komentar

Teknologi senantiasa berkembang sejalan dengan perubahan zaman, termasuk dalam bidang telekomunikasi dan informasi. Kebutuhan akan akses data nirkabelpun juga terus meningkat, baik dari segi kuantitas maupun kualitasnya. Beberapa perusahaan telekomunikasi terus berlomba menyediakan jaringan terbaik dalam menunjang kebutuhan akses data bagi pelangganya. Sering mungkin kita mendengar istilah jaringan GPRS, EDGE, 3G, HSDPA, 4G.  Namun bagi anda yang belum mengerti apa perbedaan diantaranya, berikut pengertiannya:
1.      GPRS
GPRS (General Packet Radio Service) : suatu teknologi yang digunakan untuk pengiriman dan penerimaan paket data. GPRS sering disebut dengan teknologi 2.5G. Kecepatan akses antara 56kbps sampai 115kbps (saat ini yang paling lambat)
2.      EDGE
EDGE (Enhanced Data for Global Evolution) : teknologi perkembangan dari GSM dan IS-136. EDGE kecepatan datanya sebesar 384 kbps, dan secara teori dapat mencapai 473,6 kbps. Secara umum kecepatan EDGE tiga kali lebih besar dari GPRS.
3.      3G/UMTS
3G/UMTS (Universal Mobile Telecommunication Service): perkembangan selanjutnya dari EDGE. UMTS sering disebut generasi ke tiga (3G). Secara teori kecepatan akses UMTS sekitar 480kbps. Teknologi 3G terbagi menjadi GSM dan CDMA. Teknologi 3G sering disebut dengan Mobile broadband karena keunggulannya sebagai modem untuk internet yang dapat dibawa ke mana saja.
4.      4G
Teknologi 4G ini seperti Long Term Evolution (LTE) hanya merupakan evolusi dari teknologi 3GPP dan Ultra Mobile Broadband (UMB) berasal dari 3GPP2, sehingga sulit untuk membedakan dengan jelas teknologi 3G dan 4 G. Salah satu teknologi 4G yaitu WiMax. mobile standard telah diterima oleh ITU untuk ditambahkan pada IMT-2000, sehingga teknologi baru ini masih digolongkan ke dalam keluarga 3G. International Telecommunication Union (ITU) sedang mempelajari kemampuan mobile broadband yang disebut IMT-advanced yang disebut teknologi generasi keempat (4G).

8 komentar:

Anonymous said...

thanku unt infonya

kurniawan said...

Sama2...trimakasih sdh berkunjung..

Unknown said...

HSDPA?

Unknown said...

UMTS itu sama aja HSDPA gan, nah UMTS itu 3G. jdi HSDPA itu 3G gan

Anonymous said...

lol =))

Wawan Tea said...

Nah, bagaimana dg H+ (HSPA)?

Anonymous said...

thanks :))

Unknown said...

Thanks

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 

Contact Us

Statistik Blog

© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com