Materi (Soal+Jawaban) Ujian Teori SIM

| | 19 komentar

Secara Umum Ujian SIM terdiri atas:

  1. Ujian Teori
  2. Keterampilan mengemudi melalui simulator (tidak semua samsat menyelenggarakan)
  3. Ujian Praktik
Hal yang perlu disiapkan, diketahui dan dipelajari sebelum melaksanakan ujian SIM:
  1.     Peraturan perundang-undangan di bidang lalu lintas dan angkutan jalan
  2.     Etika berlalu lintas
  3.     Keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas
  4.     Berbagai bentuk pelanggaran lalu lintas
  5.     Kecelakaan lalu lintas
  6.     Prosedur pertolongan kecelakaan lalu lintas
  7.     Pelaporan pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas
  8.     Tata carapengujian SIM
  9.     Tata cara pengoperasian AVIS atau penggunaan sarana lain
Materi ujian teori meliputi:
Pengetahuan peraturan perundang-undangandi bidang lalu lintas dan angkutan jalan
a. Hak utama pengguna jalan
b. Pengetahuan tentang rambu lalu lintas, marka jalan, alat pemberi isyarat lalu lintas, dan gerakan lalu lintas
c. Kedudukan hukum lalu lintas
d. Peringatan sinar dan bunyi
Keterampilan Pengemudi
a. cara mengemudi Ranmor
b. cara mendahului Ranmor lain
c. cara berbelok
d. cara melewati persimpangan
e. cara penggunaan lampu Ranmor
f. cara penggandengan dan penempelankendaraan lain
g. cara parkir
h. cara berhenti
i. kecepatan minimal dan maksimal
j. cara penggunaan jalur dan lajur Jalan
Etika berlalu lintas
a. hak dan kewajiban pengemudi dan pengguna jalan lain
b. tanggung jawab pengemudi
Pengetahuan teknik Ranmor
Pertolongan Pertama pada Kecelakaan Lalu Lintas

Ujian Teori untuk SIM A Umum, B I Umum, dan B II Umum, selain materi, sebagaimana tersebut diatas, ditambah materi:
  •     Pelayanan angkutan umum
  •     Fasilitas umum dan fasilitas sosial
  •     Pengujian Ranmor
  •     Tata cara mengangkut atau menurunkan orang dan/atau barang
  •     Tempat penting di wilayah domisili
  •     Jenis barang berbahaya
  •     Pengoperasian peralatan keamanan
Ujian keterampilan mengemudi melalui Simulator, meliputi:
  •     Reaksi
  •     Pertimbangan perkiraan
  •     Antisipasi
  •     Sikap mengemudi
  •     Konsentrasi
Materi Ujian Praktik I kendaraan roda empat:
  •     Uji menjalankan Ranmor maju dan mundur pada jalur sempit
  •     Uji slalom (zig zag) ) maju dan mundur
  •     Uji parkir paraleldan parkir seri
  •     Uji mengemudikan Ranmor berhenti di tanjakan dan turunan
Materi Ujian Praktik I untuk Sepeda Motor:
  •     Uji pengereman/keseimbangan
  •     Uji slalom (zig zag) ) maju dan mundur
  •     Uji membentuk angka delapan
  •     Uji reaksi rem menghindar
  •     Uji berbalik arah membentuk huruf U (U-Turn)
Materi Ujian Praktik I untuk peserta uji SIM D yang setara dengan SIM A:
  •     Uji menjalankan Ranmormaju dan mundur pada jalur sempit
  •     Uji parkir paralel dan parkir seri
  •     Uji mengemudikan Ranmor berhenti di tanjakan dan turunan
Materi Ujian Praktik I untuk peserta uji SIM D yang setara dengan SIM C:
  •     Uji pengereman/keseimbangan
  •     Uji slalom (zig zag)
  •     Uji reaksi rem menghindar
Materi ujian praktik II untuk peserta uji SIM A, B I, dan B II, C dan D:
  • mengemudikan Ranmor dengan sempurna di jalan yang ramai, cara berbelok ke kanan dan ke kiri serta cara melewati persimpangan atau mix traffic
  • tetap mengemudikan Ranmor di belakang kendaraan yang sedang berjalan lambat
  • mendahului kendaraan lain dengan cara yang benar
  • berhenti di tempat yang telah ditentukan
  • memarkir Ranmor dengan cepat dan tepat di tempat yang benar di bagian jalan yang ramai, dan parkir sejajar dengan trotoar tanpa menyentuh tepi trotoar
  • memutar Ranmor di jalan yang sepi tanpa keluar dari jalurlalu lintas
  • ketaatan pada peraturan, rambu lalu lintas, marka jalan, dan alat pemberi isyarat lalu lintas pada waktu mengemudikan Ranmor di jalan
  • menjaga jarak aman pada saat mengikuti kendaraan lain
  • menggunakan lajur yang tepat pada saat akan mendahului dan memberi kesempatan apabila didahului kendaraan lain
  • menggunakan lajur, perpindahan lajur serta merubah arah pada jalan sesuai dengan etika dan ketentuan
  • melakukan pengamatan umum melalui tindakan pemindaan, pengidentifikasian, prakiraan, keputusan, dan pelaksanaan (scanning, identification, prediction, decision, and execution) pada saat menjalankan kendaraan uji.
Materi Ujian Praktik II untuk SIM A Umum, BI Umum, dan BII Umum:
  •     semua materi Ujian Praktik II diatas
  •     menaikkan dan menurunkan penumpang dan/atau barang, baik di terminal maupun di tempat tertentu lain
  •     terminal maupun di tempat tertentu lain
  •     mengisi surat muatan
  •     etika Pengemudi Ranmor Umum
  •     pengoperasian peralatan keamanan
Syarat Kelulusan:
  • Peserta ujidinyatakan lulus Ujian Teori, jika dapat menjawab secara benar paling rendah 70%(tujuh puluh persen)dari semua soal yang diujikan.
  • Hasil Ujian Teori diumumkan setelah pelaksanaan ujian dan peserta uji dapat mengetahui hasil kelulusan atau ketidaklulusan dalam menjawab soal ujian.
  • Peserta ujiyang dinyatakan lulus ujian teori dapat mengikuti ujian keterampilan mengemudi melalui Simulator.
  • Peserta ujidinyatakan lulus ujian keterampilan melalui Simulator, jika dapat mencapai nilai paling rendah 60 (enam puluh) untuk setiap jenis materi yang diujikan.
  • Peserta ujiyang dinyatakan lulus diberikan Surat Keterangan Lulus Uji Keterampilan Simulator.
  • Surat Keterangan Lulus Uji Keterampilan Simulator pada ayat (2) memiliki masa berlaku 12 (dua belas) bulan.
  • Peserta ujiyang dinyatakan lulus Ujian keterampilan mengemudi melalui Simulator dapat mengikuti Ujian Praktik.
  • Peserta ujiyang dinyatakan tidak lulus Ujian keterampilan mengemudi melalui Simulator dapat mengikuti ujian ulang paling banyak 3 (tiga) kali untuk setiap jenis materi yang diujikan.
  • Peserta uji dinyatakan lulus Ujian Praktik I, jika peserta uji tidak melakukan kesalahan pada materi ujian
  • Dalam hal melakukan kesalahan, peserta uji diberikan kesempatan untuk mengikuti ujian ulang praktik I sebanyak 2 (dua) kali untuk setiap materi ujian yang dinyatakan gagal.
  • Ujian ulang tahap pertama atau kedua, dilaksanakan dalam tenggang waktu paling lama 7 (tujuh) hari sejak dinyatakan tidak lulus pada Ujian Praktik I terdahulu.
  • Apabila tidak menempuh ujian ulang tahap pertama dan tahap kedua, peserta uji dinyatakan mengundurkan diri.
  • Peserta uji yang telah dinyatakan lulus Ujian Praktik I diberikan tanda bukti kelulusan.
  • Peserta uji yang telah dinyatakan lulus Ujian Praktik I melanjutkan ujian Praktik II.
  • Peserta uji dinyatakan lulus Ujian PraktikII jika tidak melakukan kesalahan dan/atau pelanggaran pada setiap materi Ujian Praktik II
  • Peserta uji yang dinyatakan tidak lulus Ujian Praktik II dapat mengikuti ujian ulang tahap I untuk ujian ulang tahap II dalamtenggang waktu paling lama 7 (tujuh) hari kerja sejak dinyatakan tidak lulus.
  • Peserta uji yang tidak lulus ujian ulang tahap I ayat (2), dapat mengikuti ujian ulang tahap II dalam tenggang waktu paling lama 14 (empat belas) hari kerja sejak dinyatakan tidak lulus.
  • Apabila tidak menempuh ujian ulang tahap I dan tahap II, peserta uji dinyatakan mengundurkan diri.
  • Peserta uji yang dinyatakan lulus UjianPraktik IIdiberikanSIM
  • Peserta uji yang dinyatakan tidak lulus Ujian Praktik II diberikan surat keterangan tidak lulus ujian, dan dapat mengambil kembali biaya Administrasi Uji SIM dan biaya Administrasi Uji Keterampilan melalui Simulator.
Referensi:
UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan
Perkap No 09 Tahun 2012 tentang Surat Izin Mengemudi
Materi Ujian Teori SIM A
  1. Materi Ujian Tulis SIM A halaman 1-51, klik disni
  2. Materi Ujian Tulis SIM A halaman 52-91, klik disni
  3. Materi Ujian Tulis SIM A halaman 92-131, klik disni
  4. Materi Ujian Tulis SIM A halaman 132-157, klik disni
password download : ajibhere

19 komentar:

Anonymous said...

Greetings! Very useful advice within this post!
It's the little changes that produce the biggest changes. Many thanks for sharing!

Also visit my web page :: http://www.alleanzadellasalute.info/

ujian sim said...

gan, materi nomor 4 dong, link di atas ndak bisa.

4. Materi Ujian Tulis SIM A halaman 132-157

thx

kurniawan said...

Iya gan, makasih koreksinya :)

Link sudah ane edit, silahkan di download...

Rico Fajri said...
This comment has been removed by the author.
Anonymous said...

fuck info =)) =)):))

adi romero said...

Ko cm sim A doang sim C jg donk..

Mohammad Taufik Mohar said...

gan materi nomer 2 gak bisa gan yang dari nomer 52-91 gan, mohon diperbaiki gan

bani-fahmi said...

gan kunjung balik,,,http://bani-fahmi.blogspot.com/2013/12/tips-dan-trik-mudah-lulus-ujian-sim-c.html

Baihaqi Budiman said...

mau tanya apakah jawabannya benar-benar valid...

Popok Bayi said...

Kemarin saya ujian teori SIM C, soal ujiannya berupa video, disuruh memilih apakah pengendara di dalam video tersebut benar atau salah. Kalo soal yang model video ada ngga mas?

kurniawan said...

baihaqi : setau ane valid bro, ane hbs belajar materi ini, ujian teori SIM A alhamdulilah 1x bisa lulus, dari 30 soal ada 1 soal saja yg ane salah jawab :-)
popok bayi : Soal model video ane blm pny bro, cb etr ane cari dan upload kalo ketemu

All: thanks udah mampir :-)

Zen S. said...

bermanfaat,

Zen S. said...

brmanfaat.

djian tjoek said...
This comment has been removed by the author.
Anonymous said...

soal ujian teori sim C dong http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/102.gif

inggrid world said...

banyak yang tidak ada jawabannya ya :'(

Henny Yunita, S.Pd said...

gagal tes

Anonymous said...

makasih

Raevlins Fita said...

Ini buat sim c juga nggak kak????

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 

Contact Us

Statistik Blog

© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com