Membuat Nomor Halaman “BAB” pada Penulisan Skripsi/Karya Ilmiah Menggunakan MS Word

| | 6 komentar

Ketika anda membuat/mengetik suatu karya ilmiah mungkin Anda pernah menjumpai aturan tentang penomoran halaman, dimana jika terdapat judul/bab maka nomor halaman diletakkan di bawah tengah dan jika tidak maka diletakkan di kanan atas. Jika tiap bab punya file sendiri-sendiri itu mudah, tapi bagaimana jika kita ingin menjadikan beberapa bab dalam satu file?.

Sebelum saya tahu tentang cara ini, saya biasa menggunakan Text Box untuk “mengakalinya”, satu Teks Box untuk menutup yang di kanan atas dan satu lagi untuk meletakkan nomor di bawah tengah, uh.. cukup repot . Berikut ini trik yang lebih mudah dan praktis untuk membuang cara saya yang repot tadi:
  1. Letakkan kursor di halaman pertama dan awal teks
  2. Aktifkan fasilitas “different first page” dengan cara pilih File > Page setup > Layout > Headers and footers, centang pada different first page > OK.
  3. Selanjutnya munculkan toolbar Header and Footer dengan cara klik View > Header and footer
  4. Masih di halaman pertama, letakkan kursor di bagian footer (bawah), klik insert page number dan pilih center untuk alignment-nya.
  5. Pindahkan kursor ke halaman ke dua tepatnya di bagian header (atas), klik insert page number dan pilih right untuk alignment-nya. Kemudian tekan close untuk menutup toolbar header dan footer. Jika langkah-langkah Anda benar, maka halaman satu akan terletak di bawah tengah dan selanjutnya ada di kanan atas.
  6. Cari bab selanjutnya, misal kalau tadi dimulai dari Bab I sekarang kita cari Bab II, letakkan kursor di baris paling akhir di halaman sebelum Bab II, klik Insert > Break > pada Section Break Type pilih Next Page > OK. Halaman di bab II akan pindah ke bawah tengah.
  7. Lakukan cara yang sama untuk bab-bab selanjutnya, semoga bisa membantu!

6 komentar:

dani said...

ini yang gue tunggu ilmunya
trims..

kurniawan said...

trims jg bro dani udah mau berkunjung ke blog ane

Anonymous said...

Makasih gan, tak praktekin dulu..

kurniawan said...

monggo dicoba..

Anonymous said...

belum ngerti nih sob..

tolong disertai gambarnya juga, biar mudah memahaminya sob..

Anonymous said...

yang pake office 2010 dong

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 

Contact Us

Statistik Blog

© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com