Menambahkan Toolbar pada Ms Word

| | 0 komentar

Program Ms Word merupakan salah satu program pengolah kata paling terkenal dan banyak digunakan (setahu saya di Indonesia), meski sebenarnya masih banyak program pengolah kata lain yang tak kalah hebat, bahkan bersifat free. Saya tidak akan membahas terlalu banyak mengenai hal itu, karena saya juga bukan pemerhati software.

Bagi Anda pengguna Ms Word, saya ingin berbagi salah satu trik memudahkan pengoperasiannya dengan memanfaatkan fasilitas Macro. Sebagai contoh kita akan membuat sebuah toolbar untuk mengubah ukuran kertas menjadi letter (kuarto). Caranya sangat mudah:
  1. Buka program Ms Word Anda
  2. Ubah Setting Macro Anda dengan cara klik Tools > Macro > Security. Pilih High atau Medium - OK.
  3. Untuk memulai pembuatan toolbar, klik Tools > Macro > Record New Macro. Isi macro name (sebagai contoh “letter”) dan klik OK (muncul toolbox macro)
  4. Proses perekaman siap dimulai, lakukan proses setting ukuran kertas seperti biasa (File > Page Setup > pada tab Paper pilih Letter > OK.
  5. Klik Stop Recording (tanda kotak di toolbox macro) untuk mengakhiri perekaman.
  6. Proses selanjutnya adalah memunculkan toolbar yang telah Anda buat. Klik Tools > Customize > pilih tab Command > di bagian Categories pilih Macro. Jika langkah 3-5 benar, toolbar dengan nama “letter” yang telah Anda buat tadi akan terlihat di kolom sebelah kanan.
  7. Klik dan tahan, kemudian tarik dan tempatkan di antara toolbar-toolbar yang lain
  8. Setelah toolbar ditempatkan, Anda bisa mengubah nama dan pengaturan yang lain sesuai dengan selera Anda dengan meng-klik kanan di toolbar tersebut. Untuk membuat group, sama seperti yang pernah saya tulis dalam trik “Memasukkan Gambar/Logo dengan cepat pada Ms Word".
  9. Setelah selesai, tutup kotak dialog Customize.
  10. Toolbar baru siap anda gunakan, proses setting kertas ke Kuarto (Letter) yang tadinya dilakukan beberapa tahap kini bisa Anda lakukan dengan 1x klik di Toolbar yang telah Anda buat. Anda bisa membuat berbagai toolbar lain dengan cara yang sama. Semoga bisa membantu.

*Tetsted in Microsoft Office Word 2000/ 2003

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 

Contact Us

Statistik Blog

© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com